Review Kuliah Jurusan Bahasa Indonesia Kosa Kata

Kosakata menjadi hal yang sangat penting diperhatikan, karena sangat mudah popular, terutama di kalangan anak muda. Akan tetapi, kosakata yang popular ini akan jauh lebih mudah untuk viral karena terjadi pergeseran makna dalam konteks kalimat. Padahal dalam kbbi kosakata ini sudah ada, dan justru beralih makna.

Kosakata KBBI Awalan B untuk Anak Gaul

Berikut ini beberapa kosakata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berawalan B yang menjadi bahasa percakapan.

  • Bacot

Dalam keseharian, banyak kalangan anak muda yang menggunakan kata bacot untuk melakukan percakapan sehari-hari. Biasanya kata ini digunakan ketika mengungkapkan ekspresi kemarahan atau penegasan terhadap sesuatu. Apalagi ketika lawan bicara terlalu banyak basa-basi atau terlalu banyak berucap, maka kata bacot ini sering menjadi andalan yang dikeluarkan. Perlu diketahui bahwa secara umum, penggunaan kata ini dianggap sebagai sesuatu yang kasar. Akan tetapi, sebenarnya di dalam kamus besar bahasa Indonesia sendiri, kosakata tersebut memiliki arti yang jelas dan sangat sederhana. Disebutkan bahwa kosakata bacot memiliki arti yaitu mulut. Di mana hal ini berarti bacot sama artinya dengan mulut. Akan tetapi dalam penggunaannya, kata ini menjadi berubah makna dalam konteksnya. Misal, ­“Wah, bacot! Maju sini!” Dalam konteks tersebut, bacot memiliki arti seperti ‘banyak omong’.

  • Belagu

Kata belagu juga cukup sering digunakan dalam percakapan, terutama untuk bahan candaan maupun untuk mengatai orang. Sebenarnya, kata tersebut berasal dari kata lagu, yang ditambahi dengan imbuhan ber- di bagian depannya. Dengan demikian, belagu pada dasarnya memiliki makna berlagu. Akan tetapi, jika masuk ke dalam konteks kalimat pada percakapan, belagu atau berlagu yang dimaksud adalah berbicara yang dilebih-lebihkan. Dalam bahasa, lagu yang dimaksud adalah ucapan. Untuk itu, berlagu atau belagu itu memiliki arti seperti menyombongkan diri atau melebih-lebihkan atas apa yang dimiliki. Misalnya dalam konteks kalimat, “Eh, kamu jangan belagu ya. Biasa saja, tidak usah berlebihan.”

  • Brengsek

Jika melihat dari kosakata brengsek itu sendiri, pasti banyak yang mengartikan negatif, di mana kata tersebut memiliki arti seperti jahat, buruk, nakal, pecundang, dan lain sebagainya. Dalam kbbi disebutkan bahwa kosakata brengsek pada dasarnya berasal dari kata berengsek secara formalnya, dan menjadi diucapkan brengsek dalam tulisan nonformalnya.

Kata ini masuk ke dalam kata sifat atau adjektiva, yang memiliki arti ´kacau sekali (tentang tata tertib, pelaksanaan kegiatan), tidak becus, tidak beres. Atau dalam arti lain, berengsek memiliki arti yakni bandel dan rewel. Namun ketika dimaknai dalam konteks kalimat, maka kata ini menjadi sebutan adjektiva yang melekat pada seseorang, yang menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki moral yang buruk. Contohnya, “Dasar laki-laki berengsek! Jangan lagi kembali ke kehidupan kami!” Dari konteks kalimat tersebut, bisa dimaknai bahwa kosakata berengsek  berarti menunjukkan bahwa orang yang dituju bukanlah orang yang baik-baik.

Kosakata KBBI Awalan G untuk Anak Gaul

Selain itu, ada lagi untuk kosakata yang sering digunakan anak muda gaul berawalan huruf G adalah sebagai berikut.

  • Gatal

Secara umum, kata gatal ini memiliki arti yang sangat sederhana, di mana pasti setiap orang sudah mengetahui bagaimana penggunaan kata ini secara general. Akan tetapi, banyak sekali anak muda gaul yang menggunakan kata ini dalam konteks yang berbeda, sehingga artinya pun menjadi bergeser. Pada dasarnya, gatal ini memiliki arti yaitu rasa geli yang merangsang di tubuh, sehingga ingin bertindak atau melakukan sesuatu pada bagian yang mendapatkan rangsangan tersebut.

Ketika dalam konteks anak muda gaul, kata ini pun berubah menjadi gatel  seperti halnya kosakata dalam bahasa Jawa. Akan tetapi kata ini cenderung digunakan untuk sesuatu yang negatif. Misalnya adalah dalam konteks kalimat, “Kamu itu cewek gatel banget sama pacar orang.” Dalam kalimat ini, kosakata gatal yang dimaksud adalah menunjukkan kata sifat yang buruk, di mana seseorang yang selalu ingin mendapatkan apa yang ia inginkan. Dalam contoh lain, “Aku gatel banget pengin beli tas warna biru itu.” Atau ketika ingin melakukan sesuatu, “Tanganku gatel pengin nonjok orang itu.”

  • Gila

Sebenarnya, kata gila sendiri sudah memiliki arti yang sangat jelas. Dan banyak kalangan anak muda jaman sekarang yang menggunakan kata ini sebagai kata ungkapan yang ekspresif. Dijelaskan dalam kbbi bahwa kata gila ini memiliki arti yaitu sakit ingatan di mana ada yang tidak beres pada ingatan seseorang. Namun dalam arti lain dijelaskan bahwa gila merupakan hal yang tidak biasa yang tidak seperti semestinya, atau berlaku yang tidak-tidak. Gila juga bisa diartikan kurang ajar dan tidak masuk akal. Sehingga jika masuk dalam konteks, “Wah gila! Itu kece banget!”

Demikianlah beberapa hal terkait kosakata dalam kbbi yang memiliki pergeseran arti ketika digunakan oleh kalangan anak muda gaul. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya, satu kosakata bisa saja memiliki arti yang berbeda, tergantung konteks kalimatnya.